Frequently asked questions (FAQ) RAILPAY 


1.  Q:  Apa itu RAILPAY ?
  A:  RAILPAY adalah Electronic Money atau uang elektronik dalam bentuk kartu yang di terbitkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pelanggan KAI (membership dan loyalty program).

    RAILPAY mempunyai karakteristik uang elektronik yang menyimpan nilai uang senilai yang disetor oleh pemegang dalam media chip di kartu dan di kelola oleh Bank Penerbit.

2.  Q:  Apa sajakah ketentuan RAILPAY ?
  A:  Ketentuan RAILPAY antara lain adalah sebagai pengganti uang tunai, saldo terdapat pada chip kartu, keamanan usage kartu menjadi tanggung jawab pemegang, kartu dapat diisi ulang, tidak memerlukan rekening, tidak dapat dipindahtangankan, bukan merupakan simpanan/tabungan, saldo maksimal Rp. 1 juta.

    Saldo yang terdapat pada RAILPAY tidak masuk dalam program penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

3.  Q:  Apa sajakah Fitur RAILPAY dan dimana sajakah RAILPAY dapat digunakan ?
  A:  RAILPAY dapat dipergunakan sebagai alat bayar, alat transaksi, dan identitas member KAI.
RAILPAY dapat digunakan untuk pembelian Tiket Transportasi Antar Moda (TITAM), yaitu :
    - Tiket KA Jarak Jauh
    - Tiket Pesawat
    - Tiket Kapal Laut
    - Tiket Damri

    RAILPAY dapat juga digunakan untuk bertransaksi di :
    - KRL Jabodetabek
    - KA Bandara
    - Bus (Transjakarta, Transjogya, Batik Solo Trans)
    - LRT (Light Rail Transit)
    - Tol

    RAILPAY akan mendapatkan Program Pelanggan KAI
    - Mileage Program
    - Loyalti Program
    - Promo Program

    RAILPAY dapat juga digunakan untuk pembayaran :
    - Parkir (Res Parking,ISS Parking)
    - BBM (SPBU Pertamina)
    - Belanja di toko retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Superindo dan toko retail lainnya)
    - Restoran (Solaria, Excelso, Es Teler 77, dll)
    - Tempat rekreasi
    - Pembayaran tagihan (PLN, Telkom, Indovision, First Media)

    RAILPAY mempunyai karakteristik uang elektronik yang menyimpan nilai uang senilai yang disetor oleh pemegang dalam media chip di kartu dan di kelola oleh Bank Penerbit.

4.  Q:  Bagaimanakah caranya untuk mendapatkan RAILPAY ?
  A:  Untuk mendapatkan RAILPAY pelanggan KAI harus terdaftar di aplikasi Mobile KAI Access dan melakukan pembelian tiket KA Jarak Jauh dengan jumlah transaksi tertentu.

5.  Q:  Ada berapakah kategori kelas member kartu RAILPAY ?
  A:  Kartu RAILPAY terdiri dari 4 kategori tingkatan member, yaitu :

    Kartu RAILPAY Regular
    - Kartu untuk member biasa dengan fasilitas standar
    - Kartu ini diberikan kepada Pelanggan yang telah terdaftar di KAI Access dengan kriteria tertentu
    - Mendapatkan Fitur Layanan Pelanggan, Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran

    Kartu RAILPAY Premium
    - Adalah Upgrade dari Kartu Regular setelah Pelanggan mencapai Mileage tertentu
    - Mendapatkan Fitur Layanan Pelanggan, Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran, serta mendapatkan privilege layanan seperti executive lounge di Stasiun, priority queue di loket dan boarding, dll

    Kartu RAILPAY Gold
    - Adalah Kartu untuk member VIP
    - Mendapatkan Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran

    Kartu RAILPAY Platinum
    - Adalah Kartu untuk member VVIP
    - Mendapatkan Fitur Layanan Antar Moda dan Fitur Pembayaran, serta mendapatkan privilege layanan seperti executive lounge di Stasiun, priority queue di loket dan boarding

6.  Q:  Apakah RAILPAY mempunyai expired date ?
  A:  Kartu RAILPAY tidak memiliki expired date dan dapat digunakan sampai saldo habis (saldo Rp 0,-).

7.  Q:  Apakah ada nilai mininum transaksi pembelanjaan dengan menggunakan RAILPAY ?
  A:  Tidak ada nilai minimum transaksi untuk pembelanjaan dengan RAILPAY.

8.  Q:  Berapa nilai perdana yang terdapat pada RAILPAY ?
  A:  Untuk nilai perdana adalah Rp. 0 (nol) dan harus langsung diisi ulang dengan nilai minimum Rp. 100 ribu.

9.  Q:  Bagaimana cara isi ulang (top up) RAILPAY ?
  A:  Pemegang Kartu dapat melakukan transaksi isi ulang (top up) RAILPAY di atm Bank Penerbit bertanda logo isi ulang dengan menggunakan kartu debit Bank Penerbit ataupun kartu debit berlogo atm bersama serta di kantor cabang Bank Penerbit/merchant retail yang telah bekerja sama, baik dengan menggunakan kartu debit Bank Penerbit ataupun secara tunai.

10.  Q:  Berapa nilai maksimum untuk isi ulang RAILPAY ?
  A:  Pemegang Kartu dapat melakukan isi ulang senilai nominal yang dinginkan, selama tidak melebihi nilai maksimum saldo RAILPAY, yaitu Rp 1 juta.

11.  Q:  Berapa nilai minimum untuk isi ulang RAILPAY ?
  A:  Tidak ada nilai minimum isi ulang RAILPAY.

12.  Q:  Bagaimana menggunakan RAILPAY untuk pembelian Tiket Transportasi Antar Moda (TITAM) ?
  A:  Pada saat pembelian Tiket Transportasi Antar Moda (TITAM), Pemegang kartu akan membayar tiket yang dibeli menggunakan RAILPAY dengan cara :
- Pastikan saldo RAILPAY mencukupi untuk bertransaksi
- Pemegang kartu menyerahkan RAILPAY kepada petugas loket/kasir
- Petugas loket/kasir memasukkan nominal yang harus dibayar dan menyentuhkan RAILPAY pada reader.
  Saldo pada RAILPAY akan berkurang sesuai dengan nominal pembayaran
- Petugas loket/kasir menyerahkan kembali RAILPAY, Tiket, dan struk bukti pembayaran kepada Pemegang kartu

13.  Q:  Bagaimana menggunakan RAILPAY untuk transportasi yang menggunakan gate ?
  A:  Pada saat akan menggunakan transportasi masal yang menggunakan gate seperti KRL Jabodetabek, KA Bandara, Busway, LRT dan TOL, Pemegang kartu harus memastikan saldo RAILPAY mencukupi untuk bertransaksi, Pemegang kartu cukup menempelkan RAILPAY pada mesin atau gate yang tersedia dan Pemegang kartu masuk ke transportasi masal atau TOL, setelah sampai di tujuan Pemegang kartu menuju mesin atau gate keluar cukup menempelkan RAILPAY pada mesin atau gate keluar, saldo pada RAILPAY akan berkurang sesuai tarif yang berlaku.

14.  Q:  Apakah RAILPAY dapat digunakan sebagai identitas pada saat proses boarding KA Jarak Jauh ?
  A:  Untuk validasi tiket saat proses boarding selain menunjukan RAILPAY juga menunjukan kartu identitas lain yang menunjukan nama yang sama dengan yang tercetak di tiket.

15.  Q:  Apakah RAILPAY dapat digunakan untuk membeli tiket KA Jarak Jauh atas nama selain Pemegang kartu ?
  A:  Tidak bisa, karena pada saat melakukan pembelian tiket KA Jarak Jauh menggunakan RAILPAY, maka secara otomatis tiket yang akan tercetak menggunakan nama Pemegang kartu.

16.  Q:  Apakah kelebihan RAILPAY selain untuk pembayaran dan bertransaksi ?
  A:  Pada saat pembelian Tiket KA Jarak Jauh menggunakan RAILPAY, Pemegang kartu akan mendapatkan sejumlah Poin yang dapat dimanfaatkan atau ditukar dengan tiket KA Jarak Jauh atau fasilitas kenyamanan/pelayanan di KAI Grup.

17.  Q:  Apabila RAILPAY hilang/dicuri, apakah Bank dapat memblokir kartu ?
  A:  Bank Penerbit tidak dapat memblokir kartu yang hilang/dicuri, dan Bank Penerbit tidak mengganti sisa saldo kartu hilang/dicuri, karena saldo RAILPAY terdapat di kartu, sifatnya sebagai pengganti uang tunai, sedangkan untuk Poin pelanggan KAI tidak akan hilang karena poin tidak tersimpan dalam kartu.

18.  Q:  Apabila Pemegang kartu ingin melaporkan atau bertanya informasi seputar RAILPAY, kemanakah Pemegang kartu dapat menghubungi ?
  A:  Pemegang kartu dapat melaporkan atau bertanya informasi lebih lanjut seputar kartu RAILPAY dapat menghubungi Contact Center KAI 121,
email kontak_pelanggan@kereta-api.co.id atau contact center Bank Penerbit.